Tuesday, October 22, 2013

Apa Itu Musik indonesia ?

Oleh: Ilyas Agusta

APA ITU MUSIK INDONESIA ?


Suatu hari di salah satu perpustakaan di Bandung, saya membaca sebuah majalah musik yang salah satu halamannya berisi sebuah artikel dengan judul “Keroncong adalah musik asli Indonesia”. Selesai membaca tulisan tersebut, saya langsung teringat beberapa hari sebelumnya saya menemukan artikel yang isinya menjelaskan bahwa musik dangdut adalah musik asli Indonesia. Kemudian saya membaca buku lainnya, dimana isinya terdapat perdebatan tentang keroncong sebagai musik asli Indonesia, serta lagu-lagu pop ataupun kata pop dengan maksud lagu populer. Halaman-halaman berikutnya malah berisi tentang perdebatan tentang musik nasional, bagaimanakah rupa atau bentuk musik nasional, atau seperti apakah musik Indonesia. Jadi, apa itu musik Indonesia?


Sedikit Menengok Kebelakang

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi perubahan besar dalam tatanan kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Ketika itu muncul gagasan dari beberapa cendekiawan maupun seniman mengenai kultur musik Indonesia. Gagasan mengenai budaya musik tersebut berasal dari ide Ki Hadjar Dewantara tentang budaya nasional Indonesia; budaya nasional adalah puncak-puncak dari kebudayaan daerah (Parto, 1992:th). Gagasan itu tidak lain mengenai permasalahan mencari bentuk representasi musik sebagai musik nasional (Raden, 1997:th)

Tahun 1950-an, di Surakarta dan Bandung diadakan suatu kongres budaya yang isinya menyinggung tentang bentuk musik Indonesia. Hal yang disepakati bersama ketika itu adalah menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa dalam musik nasional. Setelah disepakati demikian, muncul pertanyaan lainnya yaitu apakah musik yang mengiringnya yang ternyata jelas-jelas musik berasal dari luar dapat dikatakan sebagai musik nasional?


Mencari Jawaban Memuaskan

Tahun 1950-an sampai 1970-an adalah tahun-tahun yang menentukan bagi perkembangan musik Indonesia (Harjana, 2001:th). Musik pentatonis dan diatonis sebagai akibat pengaruh atau benturan dari budaya luar. Bisa saja mengatakan bahwa identitas musik Indonesia makin terlihat di tahun 1970-an, tapi terkadang hingga sekarang masih terjadi perdebatan yang tujuannya hanya mencari jawaban memuaskan tentang musik apa yang benar-benar dikatakan sebagai musik Indonesia atau apa saja musik asli Indonesia. Tidak sedikit orang yang mempermasalahkan hal tersebut hanya untuk kepuasan semata.

Saya menemukan jawaban paling singkat dari bentuk pertanyaan diatas yaitu musik Indonesia adalah musik gado-gado (Sylado, 1992: 235-239). Saya sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Remy Sylado bahwa musik Indonesia adalah musik gado-gado. Terdengar seperti sebuah lelucon, tapi begitulah jawaban yang lebih pantas dan terkesan enak mendengar kata tersebut. Saya sempat berpikir kalau musik Indonesia adalah musik es campur atau rujak, tapi terasa kurang enak mengucap atau mendengarnya.
http://ilyas-agusta.blogspot.com/2013/10/indravox.html

No comments:

Post a Comment